bengkel AC Mobil di Solo | 081393259642 |Bengkel spesialis ac mobil, bengkel ac mobil. bengkel spesialis AC mobil Solo, bengkel spesialis AC mobil berpengalaman

bengkel AC Mobil di Solo | 081393259642.

Anda Cari bengkel AC Mobil di Solo | Hub. Askari : 081393259642| bengkel spesialis ac mobil, bengkel ac mobil, bengkel spesialis AC mobil berpengalaman.

bengkel ac mobil di solo

Mengenal tanda-tanda AC mobil anda bermasalah penting anda ketahui karena jika tidak di tangani sedini mungkin akan mengakibatkan masalah AC mobil anda akan bertambah banyak.AC perlu dirawat layaknya mesin mobil. Kerusakan pada salah satu perangkat sirkulasi AC dapat menyebabkan AC tidak dingin. Berikut ini saya paparkan beberapa perangkat sirkulasi AC & kerusakan apa saja yang bisa terjadi.Pada dasarnya prinsip kerja AC mobil sama dengan sistem-sistem AC yang lain. Prinsip kerja tersebut sama dengan heat exchanger yang lain. Pada setiap prinsip kerja heat exchanger pasti ada perubahan atau perbedaan tekanan, hal tersebut akan menyebabkan perbedaan temperatur, kondisi seperti itu sama dengan yang terjadi pada prinsip AC . Agar pengaruh perubahan tekanan dapat menghasilkan perubahan temperatur yang sesuai maka digunakanlah media pendingin pada sistem AC, kebanyakan sistem AC menggunakan media pendingin Refrigerant atau sering dikenal dengan istilah Freon.

Evaporator

Berfungsi untuk mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Di perangkat inilah proses pendinginan cairan freon berlangsung. Kebocoran akibat kotoran yang menumpuk bisa mengakibatkan korosi/keropos. bengkel AC Mobil di Solo

Evaporator harus sering dibersihkan agar tidak korosi…

Thermostat

Fungsinya adalah untuk menyalurkan daya listrik ke kompresor secara otomatis. Sensor pada thermostat akan mendeteksi suhu di evaporator sesuai settingan. Apabila thermostat dalam keadaan rusak, maka evaporator bisa membeku karena pemutus arus listrik tidak berfungsi. Kerusakan pada alat ini ditandai dengan keluarnya asap dari kisi2 AC serta adanya tetesan air seperti embun yang menetes dari evaporator.

Dryer

Alat yang bentuknya seperti tabung berfungsi sebagai tempat menyimpan freon sementara setelah dicairkan oleh kondensor untuk kemudian disuplai ke evaporator. Fungsi lainnya adalah sebagai penyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC. Kerusakan pada dryer bisa disebabkan karena tersumbatnya oleh timbunan kotoran yang terbawa oleh kondensor. Bila dryer rusak, maka suhu AC menjadi tidak stabil dan berubah2.

Expansion Valve / Katup Ekspansi
Fungsinya adalah untuk menyemprot cairan freon dari dryer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah. Katup ekspansi bisa rusak jika dryer juga rusak, dan kemungkinan besar bisa merembet ke evaporator yang ikut terkena kotoran.

Kondensor

Komponen ini fungsinya untuk mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi. Bila terjadi kebocoran, kotoran debu dan lumpur juga bisa merusak komponen ini.

Kipas Kondensor
Komponen ini sebagai pendingin kondensor karena refrigerant di dalamnya yang panas. Kipas ini pada beberapa mobil biasanya menyatu dengan kipas pendingin mesin. Kerusakan yang timbul biasanya putaran kipas lemah penyebabnya bisa karena sistem kelistrikan AC ato motor listriknya sudah lemah.

Kompresor

Fungsinya untuk menekan cairan freon ke kondensor. Kompresor bisa mengalami kerusakan karena umur misalnya kebocoran, magnet sudah lemah & berkurangnya oli dalam kompresor. Jika terjadi kerusakan biasanya akan terdengar suara berisik saat AC dinyalakan.

Pemakaian mobil yang cukup tinggi setiap harinya memerlukan perawatan AC setiap 6 bulan sekali. Kalo pemakaiannya normal2 saja / jarak dekat bisa setahun sekali atau tiap 12.000 KM. Service AC mobil biasanya melakukan pengecekan pada dryer, jumlah freon, kebocoran pipa2 hingga pembersihan evaporator dari kotoran2. Biaya service AC tergantung dari jenis mobil & tipe AC (single ato double blower). Yang jelas untuk mobil Eropa tarifnya lebih mahal karena risikonya lebih tinggi serta rumit. bengkel AC Mobil di Solo

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *