Service AC Mobil Murah di Solo | 081393259642| Bengkel Mobil AC Panggilan | Harga AC Mobil Baru di Solo

Service AC Mobil Murah di Solo | 081393259642| Bengkel Mobil AC Panggilan | Harga AC Mobil Baru di Solo

Service AC Mobil Murah di Solo | Hub. Askari : 081393259642| Bengkel Mobil AC Panggilan | Harga AC Mobil Baru di Solo.

service ac mobil di solo

Kami melayani service AC Mobil dan menjual spare part AC Mobil berbagai merk baru dan second Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, kami memberikan jaminan bahwa semua pengerjaan service AC Mobil dilakukan oleh tenaga profesional dan bergaransi.

kami melayani service rutin, perbaikan dan pasang baru ac mobil, untuk segala macam merk dan jenis kendaraan jepang, eropa, korea dan lain-lain.baik untuk kendaraan niaga maupun pribadi, juga pemasangan unit baru untuk double blower pada mobil station seperti : Isuzu Panther, Toyota Kijang dll.

Takashimura AC telah berpengalaman dalam bidang ac mobil sejak tahun 1989 serta memiliki sertifikat lulus pelatihan tekhisi Denso dan pelatihan-pelatihan lainnya.Kami juga melayani jasa modifikasi kompresor AC Mobil dari berbagai merek, sebagai contoh : Mobil yang telah menggunakan kompresor merk X di rubah dengan menggunakan kompresor merk Y

Dengan pengalaman kami sejak tahun 1970 khusus spesialisasi dibidang Service AC Mobil di Solo kami berani memberikan garansi service / sparepart atas AC mobil Anda dengan harga yang kompentitive (nego) dan mutu yang terjamin. Jangan segan-segan menghubungi kami, dan kami akan datang kerumah Anda. (Hari Sabtu / Minggu / Hari Libur buka).

KAPAN AC MOBIL ANDA HARUS DISERVICE …?

Karena AC Mobil Anda dipergunakan terus-menerus terutama di kota-kota besar, maka AC mobil Anda juga memerlukan perawatan agar tetap dapat beroperasi secara optimal, dan yang paling mudah adalah melakukan perawatan / service dengan menyerahkannya kepada teknisi professional service AC mobil.

Yang menjadi pertanyaan adalah, kapan AC mobil Anda harus dibawa ke bengkel khusus service AC mobil …?

Untuk itu perlu Anda ketahui gejala-gejala pada AC mobil Anda yang bisa dijadikan patokan, kapan saatnya AC mobil Anda harus segera diservice / dilakukan perawatan antara lain :

Bau Busuk / Kurang Sedap

Bau busuk / Kurang Sedap yang keluar begitu AC mobil Anda dinyalakan terjadi akibat adanya bakteri, micro-organisme, jamur yang menumpuk di sekitar kisi-kisi AC, terutama kisi-kisi di dashboard. Untuk menghilangkan bau mengganggu itu, bersihkan dengan anti-bacterial treatments. Cairan ini bisa didapatkan dengan mudah ditoko aksesoris mobil. Ketika jamur sudah bersih, udara yang disemprotkan AC akan segar lagi.

Kurang Dingin

Bila AC mobil Anda kurang dingin, tiba waktunya dilakukan service. Menurunnya daya kerja AC bisa disebabkan adanya kebocoran atau refrigerant sudah waktunya diganti/ditambah. Untuk memperbaiki hal ini lebih baik dilakukan teknisi professional service AC mobil.

Jangan Remehkan Bunyi Aneh

Jika muncul suara-suara aneh, tidak biasa dari AC yang sebelumnya tidak ada, sangat disarankan untuk sesegara mungkin dilakukan service pengecekan AC untuk diperiksa. Ada suara-suara yang merupakan gejala awal/indikasi kerusakan kompresor. Kompresor adalah bagian paling mahal dari sistem AC. Bila bearing pada kompresor pecah/rusak, berarti komponen-komponen lain terkontaminasi partikel logam itu. Sistem harus dikuras plus penggantian kompresor dan komponen lain. Ini sangat mahal.

Normal, Ada Tetesan Air

Bila ada tetesan air di bawah mobil, jangan terkejut karena itu normal-normal saja. Itu berasal dari evaporator. Evaporator memiliki pipa yang memungkinkan evaporator mengalirkan air keluar mobil. Kadang-kadang pipa ini tersumbat atau patah sehingga evaporator tidak bisa mengalirkan air ke luar mobil dan malah ke dalam kabin. Problem ini bisa diatasi dengan murah.

Perawatan Berkala

Seperti sistem lain di mobil, AC juga perlu di periksa secara berkala. Kompresor perlu pelumas, filter perlu dibersihkan dari kotoran dan kelembaban. Bila filter kotor, kinerja sistem terganggu dan bisa membuat sistem tidak bekerja sama sekali. Gas refrigerant pada umumnya diganti empat tahun setelah mobil dibuat lalu dua hingga tiga tahun sekali setelah itu. Perawatan berkala sistem AC mobil anda akan menjaga kompresor bekerja sempurna demikian juga komponen-komponen vital lainnya. Perawatan berkala merupakan investasi jangka panjang sekaligus menjamin anda tetap nyaman di hari yang terik.

+ 10 TIPS Merawat AC Mobil

Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar seperti Jakarta kalau AC ngadat atau tak dingin, keadaan pun jadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap.

Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:

1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet didepan karena akan tersedot ke dalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora yang sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian kondensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.

3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, karena kalau di tempat panas biasanya begitu Anda masuk, ruang kabin terasa cukup panas yang akan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lebih lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun menjadi ikut tinggi.

4. Periksalah Extra-Fan (kipas) yang didepan kondensor apakah berfungsi (hidup) bila AC dihidupkan. Bila tidak segera ganti karena dapat mengakibatkan Kompressor menjadi rusak karena terlalu panas atau selang high press bisa meledak.

5. Usahakan untuk tidak merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori evaporator, yang mana nikotin dari rokok yang lengket dan berlendir dapat menempel di-evaporator yang dapat menimbulkan bau tak sedap dan susah dihilangkan.

6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, dan AC baru dihidupkan sesudah mesin stabil. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.

8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, karena dapat menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum dengan “model colok” ke grill karena sering menyebabkan grill patah. (karena bila grill patah / rusak, susah untuk mendapatkan penggantinya / dibeli dipasaran).

9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin, bunyi dll lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang dapat mengakibatkan biaya yang lebih tinggi.

10. Lakukan perawatan rutin AC sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.

Flushing AC

70% masalah pada sistem AC disebabkan oleh kekurangan Freon dan oli kompresor yang perlu diganti. Dengan perawatan yang baik dan benar terhadap sistem AC, kenyamanan akan bertambah karena suhu AC yang dingin, juga penghematan bahan bakar dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Berikut adalah komponen-komponen penting dalam suatu sistem AC:

Kompresor merubah gas Freon dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi dan di dalam kompresor tidak boleh ada unsur air. Freon yang seharusnya digunakan adalah R134a karena aman untuk lingkungan dan menggunakan oli sintetik. Freon jenis R12 bisa merusak sistem AC karena menggunakan oli mineral dan merusak ozon. Apabila AC mobil dengan sistem R134a terkontaminasi dengan freon R12, R22 atau HC (Hydro Carbon) akan mengakibatkan korosi dan kerusakan pada kompresor, kondensor dan evaporator.

Dryer berguna untuk mencegah air masuk ke kompresor dan memiliki filter untuk menyaring kotoran. Dryer sebaiknya diganti setiap 2 tahun.
Flushing AC

Jika oli mesin perlu diganti setiap 5.000 km, oli kompresor AC juga perlu diganti setiap 20.000 km.

Cek Kemurnian Freon

Apabila AC mobil dengan sistem R134a terkontaminasi dengan freon R12, R22 atau HC (Hydro Carbon) akan mengakibatkan korosi dan kerusakan pada kompresor, kondensor dan evaporator. Seiring berjalannya waktu, oli kompresor akan kehilangan daya pelumasnya dan berubah menjadi zat asam yang dapat mengakibatkan kerusakan dan menimbulkan panas pada kompresor.

Apakah ada resiko?
Bagi mobil tua yang tidak pernah servis AC, kemungkinan besar evaporator sudah berkorosi dan kondisi kompresor yang sudah hampir rusak akan memberikan masalah. Tetapi untuk mobil yang relatif baru, penggantian oli kompresor secara rutin akan memperpanjang umur kompresor itu sendiri.

Pasti sudah tahu dong apa itu AC yang saat ini bukan barang aneh dan spesialnya orang-orang berduit saja. Barang ini sangat populer digunakan di rumah-rumah ataupun kendaraan  mobil.

Pada tulisan ini, ada cara untuk mencegah akal-akalan atau kecurangan kecil-kecilan yang umumnya ditemui ketika mengalami masalah pada AC, terutama saat service AC mobil.

Jangan sampai kita tidak mengerti sama sekali tentang AC, bisa-bisa kantong jebol ganti ini dan itu pdahal AC mobil kita hanya putus kabel atau fuse (sekering) nya saja. Tidak Jarang gara-gara hal sepele, kerusakan AC makin meluas dan banyak yang harus dibeli akibat ketidak tahuan, serta kenakalan beberapa tempat service AC.

Untuk AC mobil, barang ini tidak saja menyejukan disaat panas matahari terik, tetapi juga sangat berguna di musim penghujan. AC akan membuat ruangan mobil akan terasa sejuk disaat matahari terik atau cuaca panas, sedangkan pada musim hujan AC selain menyejukan juga mencegah terjadinya pengembunan dikaca bagian dalam mobil.  Bayangkan, bila mengemudikan mobil yang sarat dengan penumpang tanpa menggunakan AC dihari hujan? Pastinya, kaca bagian dalam dari mobil akan gelap akibat pengembunan uap air didalam ruangan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan temperatur dalam ruangan mobil dengan temperatur luar mobil yang lebih rendah (lebih dingin).

Jadi jelas AC bukan saja sebagai komponen tambahan pada mobil, tetapi merupakan bagian penting pada mobil saat ini. Sebelumnya, kita sedikit banyak perlu tahu apa itu AC dan cara kerja dari AC itu sendiri, seperti dibawah ini:

Fungsi dan Cara Kerja Sistim Air Conditioning (AC)

Komponen-komponen Utmaa dari Sistem Kerja AC

Fungsi utama dari AC adalah untuk mengurangi atau mereduksi temperatur dalam ruangan dan melepaskan ke luar ruangan. Proses pereduksian ini dilakukan oleh refrigant yang berada dalam sistem, baik itu yang merusak ozon (R12) atau pun yang tidak (R134a, dll). Refrigant ini ditekan dan dialiri oelh kerja kompresor yang digerakkan oleh mesin (engine). Refrigrant dari compressor akan menuju condensor dan beberapa bagian tambahan seperti filter dryer dan piping sitem menuju expantion valve.

Tekanan dan temperatur refrigant yang tinggi ini kemudian melalui condensor yang bersirip-sirip dan berada di depan radiator dibantu dengan radiator atau extra fan untuk mengurangi temperatur refrigant. Dari condensor, refrigant menuju ke expantion valve melalui beberapa komponen lainnya untuk menurunkan tekanan refrigant.

Akibat tekanan yang rendah dari expantion valve,maka temperatur dalam ruangan akan diambil atau terserap oleh refrigant melalui pipa-pipa dan sirip-sirip di evaporator. Akibatnya pada waktu tertentu ruangan menjadi sejuk dan evaporator ini akan mengalirkan air akibat kondensasi yang terjadi dari ruangan mobil. bentuk refrigrant yang mengalir di evaporator ini adalah berbentuk uap, sehingga mudah menyerap kalor dari ruangan mobil dan kembali ke compressor untuk dinaikkan tekanannya dan diubah menjadi cairan.

Bila terjadi kebocoran udara dari luar mobil, kerja AC akan bekerja keras dan proses pendinginannya menjadi lebih lama, lain dari itu juga akan berbahaya bagi penumpang yang berada didalam ruangan. Ini karena sistim sirkulasi udara dalam ruangan mobil adalah tetap, jadi bila ada gas buang yang masuk tentunya gas buang ini akan terhirup oleh penumpang yang ada dirunagan itu. bagaimana bila kadar kandungan gas buangnya itu CO atau HC, sudah bisa dipastikan penumpang akan mengalami keracunan dan ini sangat mengganggu kesehatan penumpang.

Apa Penyebab Kerusakan pada Sistem AC?

Kerusakan yang terjadi pada sistem AC pada umumnya disebabkan oleh beberapa penyebab, yaitu:

    Umur AC yang sudah tua
    Instalasi atau maintenance AC yang tidak baik
    Kecelakaan Mobil yang menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen sistem AC

Ketiganya adalah penyebab dari kerusakan yang terjadi di AC Mobil, sedangkan untuk AC rumah hanya point 1dan 2 ditambah listrik yang kerap kali mati secara tiba-tiba.

Umumnya begitu kita memasukkan mobil ditempat-tempat service mobil, jawaban yang diterima selalu ” freonnya harus ditambah, bocor, kompressornya rusak atau lain sebagainya.” Bila ingin mencoba kebenarannya, silahkan copot salah satu fuse (Sekeriing) dan masukan mobil  ke tempat-tempat service. Bila bertemu tempat yang jujur, kesimpulan ini dan itu tidak akan terjadi. Namun, tidak jarang mereka akan sigap dan cepat menyimpulkan kerusakan ini dan itu, padahal hanya fuse yang dilepas.

Pencegahan yang Harus Dilakukan,

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan yang mudah dilakukan siapapun. Tidak perlu ilmu khusus AC, tapi akan lebih baik bila sedikit mengerti tentang dunia otomotif atau kelistrikakn mobil. Cara mudah untuk menghindari tipu-tipuan atau korupsi service AC adalah sebagai berikut:

    Jaga kebersihan dari condensor yang berada didepan radiator, ini dapat dilakukan saat mencuci mobil ditempat-tempat pencucian yang menggunakan pompa steam. Anjurkan operator cuci mobil untuk menyemprotkan air ke arah condensor. Bila condensor bersih, kalor yang dibawa oleh refrigrant dari compressor akan mudah dilepas ke udara bebas. Bila condensor kotor , refrigant yang bersuhu dan temperatur tinggi itu akan mengakibatkan kerusakan pada seal perapat (karet-karet) yang ada disambungan-sambungan, akibatnya terjadi kebocoran dan bahkan akan menimbulkan kerusakan pada mechanical seal di compressor.
    Bersihkan Evaporator tanpa membongkar AC dan membuang freon, tentu ini dilakukan oleh tempat-tempat service AC, umumnya bagian dalam evaporator disemprot dengan air bertekanan tidak terlalu tinggi, agar kotoran ikut larut dan terbuang keluar melalui saluran buang (selang) yang terhubung dengan evaporator. Untuk evaporator built-in, mau tidak mau harus dibongkar dan membuang refrigrant. Ini pun tidak dilakukan setiap bulan, ini berlaku untuk AC mobil yang telah berumur lebih dari 3 tahun atau lebih
    Jika AC kita sudah berumur, periksa kebocoran pada sambungan-sambungan pipa. Untuk mendeteksinya mudah saja, yaitu pada sambungan terlihat kotor yang berlumur oli, kemudian periksa dengan busa yang dicelupkan di air sabun atau busa sabun. Bila terjadi kebocoran, maka akan terlihat gelembung-gelembung udara pada busa yang dilekatkan pada sambungan yang dicurigai terjadi kebocoran.
    Jangan hidupkan AC dengan posisi jendela terbuka sedikit atau banyak, karena penumpang akan merokok atau sebagainya. Ini akan menyebabkan temperatur refrigrant semakin tinggi, akibatnya akan merusak bagian utama sistem AC, yaitu keruskaan pada mechanical seal compressor.
    Bila AC itu baru dan tidak terjadi kecelakaan atau pembongkaran tiba-tiba mati dan tidak bekerja dengan baik, sudah bisa dipastikan bukan sistem AC yang rusak. Umumnya hanyalah gangguan akibat medan jalan yang buruk, yang mengakibatkan kelonggaran pada komponen-komponen kelistrikan sistim AC.
    Untuk AC mobil, isi atau kapasitas Refrigrant itu tidak lebih dari 1 kg, jadi hanya pelawak yang mengatakan jika AC mobil kecil yang telah diperbaiki itu telah diisi sekian kilo. Bohong itu! Kecuali AC Bus, refrigrantnya bisa mencapai 8-12 kg, tergantung penempatan unit AC-nya.
    Apabila memang perlu diperbaiki dan perlu perawatan, cari tempat-tempat perbaikan AC yang bisa dipercaya, paling tidak kerusakan tidak “di karang-karang” oleh mekaniknya.
    Pada pengisian Freon atau refrigrant, penuh tidaknya bisa dilihat dari kaca yang biasa disebut sight glass yang berada di filter dryer atau yang terpasang pada pipa. Pada sight glass akan terlihat gelembung udara jika mesin dihidupkan pada putaran rendah, dan gelembung udara yang mengalir akan hilang pada putaran menengah dan tinggi. Pengisian Freon atau refrigrant sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari untuk menghindari terjadinya over load refrigrant, bila ini terjadi kerusakan yang akan timbul adalah kebocoran pada beberapa bagian sambungan dan bagian depan compressor (mechanical seal)
    Periksa kebocoran dari luar mobil, sehingga asap atau gas buang dari luar tidak masuk kedalam ruangan mobil. Jika ini terjadi yang terjadi bukan saja tidak nyaman, tetapi lebih bebahaya bagi kesehatan penumpang yang berada di dalam ruangan mobil itu
    Istilah tambah freon yang kerap dianjurkan itu tidak ada, kecuali terjadi gangguan kebocoran yang disengaja atau tidak. Disengaja adalah praktek kotor yang dilakukan oleh mereka yang berkepentingan dengan hal ini dan tidak sengaja adalah disebabkan oleh faktor usia AC, kecelakaan dan untuk kerusakan sisitm kelilstrikan yang membuat AC tidak bekerja, tidak perlu penambahan freon..
    AC adalah suatu sistim yang bekerja dengan siklus tertutup. jadi sistem AC tidak berhubungan dengan udara bebas seperti oli atau minyak pelumas mobil yang terkontaminasi udara. AC bisa berumur lebih dari 5 tahun tanpa kerusakan atau penggantian pelumas.
    Untuk AC rumah tidak jauh beda, hanya saja harus hati-hati dalam pemeriksaannya, karena berhubungan dengan aliran listrik 220 VAC. Untuk AC rumah, jika ingin berumur panjang dan tidak terjadi gangguan, usahakan Unit Condensor (OutDoor) dipasang tidak lebih tinggi dari unit Evaporator (indoor). Minimal sama atau rata antara keduanya, dan jangan terlalu jauh jarak antara keduanya. Kerusakan yang akan terjadi bila terlalu tinggi adalah pada kerusakan Compressor.

Mudah-mudahan artikel ini berguna, paling sedikit tahulah apa itu AC yang sehari-hari kita nikmati dan akan mencegah terjadinya kecurangan atau korupsi yang dilakukan di tempat-tempat service AC, selain itu juga AC yang kita gunakan menjadi lebih awet dan tidak menguras kocek di jaman yang mahal ini. Thank You..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *